Laman

Selasa, 12 Februari 2013

Lomba Debat dalam Bahasa Indonesia bagi Siswa SMA se Kabupaten Lombok Timur Tahun 2013

Agenda baru dalam bidang kesiswaan yang diluncurkan oleh Kemendikbud adalah Lomba Debat dalam Bahasa Indonesia. Lomba debat bahasa Indonesia mengadopsi lomba debat dengan sistem parlementer. Unsur-unsur format tersebut sebagai berikut:
  1. Terdapat dua tim yang berdebat, masing-masing tim terdiri dari tiga pembicara yang secara bergilir akan menjadi pembicara pertama, kedua, dan ketiga.
  2. Salah satu tim akan menjadi sisi positif, yaitu sisi yang mendukung mosi/topik, dan tim yang lain akan menjadi sisi negatif, yaitu sisi yang tidak setuju atau tidak mendukung mosi/topik.
  3. Setiap pembicara akan menyampaikan pidato substantif yang berlangsung selama tujuh menit, dengan sisi positif yang maju pertama. Setelah semua pembicara dari kedua tim menyampaikan pidato substantifnya, salah satu pembicara dari masing-masing tim (pembicara pertama atau kedua) akan menyampaikan pidato pembalas sekaligus penutp kasus, dengan sisi negatif yang maju pertama.
  4. Urutan pembicara dalam debat adalah sebagai berikut:
    1. Pembicara pertama sisi Positif --> Pembicara pertama sisi Negatif --> Pembicara ke-2 sisi Positif --> Pembicara ke-2 sisi Negatif --> Pembicara ke-3 sisi Positif --> Pembicara ke-3 sisi Negatif --> Pidato pembalas/penutup sisi Negatif --> Pidato pembalas/penutup sisi Positif.
  5.  Ketika pembicara menyampaikan pidato substantifnya, anggota dari tim lawan dapat mengajukan interupsi pada antara menit pertama dan menit ke enam. Interupsi tidak boleh disampaikan dalam pidato pembalas/penutup. Pembicara yang sedang menyampaikan pidatonya memiliki hak penuh untuk menerima atau menolah interupsi
  6. Dalam lomba debat, terdapat seseorang yang berperan sebagai "penjaga waktu/time keeper" yang berfungsi sebagai pemberi sinyal waktu. Ia akan mengetuk satu kali  pada akhir menit pertama dan menit ke - 6 untuk menandakan awal dan akhir waktu diperbolehkannya poin interupsi. "Penjaga waktu" juga akan memberikan dua ketukan pada menit ke-7 untuk menandakan bahwa waktu untuk menyampaikan pidato sudah habis dan sebaiknya pembicara menyelesaikan kalimat terakhirnya. Pembicara yang masih berbicara kurang dari 6 menit dianggap tidak memenuhi waktu berbicara dan dapat dikurangi poinnya, sebagai bagian dari penilaian terhadap unsur strategi. Pembicara yang masih berbicara setelah 7 menit 20 detik juga dapat dikurangi poinnya atas dasar alasan yang sama. Argumentasi atau penjelasan apapun setelah 7 menit 20 detik tidak akan dihitung oleh juri
  7. Setiap denat dinilai oleh juri dengan jumlah ganjil. Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.
  8. Setiap tim diberikan waktu 30 menit untuk melakukan persiapan setelah mosi/topik diumumkan. Dalam persiapan ini, tim tidka diperbolehkan menerima bantuan dari siapapun (pelatij, guru, teman, maupun ornag tua), dan tidak diperbolehkan menggunakan laptop, smartphone, atau alat komunikasi lainnya.
Peserta lomba adalah siswa kelas X dan kelas XI pada sekolah yang diwakilinya, dan bukan 4 best speakers pada lomba debat dalam Bahasa Inggris yang dilaksanakan pada tahun yang sama.

Waktu pelaksanaan lomba dijadwalkan akhir bulan Maret atau awal bulan April 2013.
Tim juri akan menentukan 3 juara dan 3 pembicara terbaik.  Pembicara terbaik akan mewakili Kabupaten Lombok Timur dalam lomba debat yang sama di tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat.
Biaya pendaftaran lomba sebesar: Rp100.000, per regu (3 orang)

Tidak ada komentar: